Berbahasa inggris: mengenalkan Diri dan anggota Tubuh di kelas TK B TK Nurani Hati
Berbahasa inggris: mengenalkan Diri dan anggota Tubuh di kelas TK B TK Nurani Hati
Langkah yang diambil KB TK Nurani Hati untuk memulai pembelajaran Bahasa Inggris di kelas TK B melalui tema “mengenal diri” sangat strategis dan sesuai dengan tahap perkembangan anak usia dini. Berikut penjelasan manfaat dari setiap bagian kegiatan tersebut:
1. Percakapan Mengenal Diri: Nama dan Usia
Contoh materi:
“What is your name?” – “My name is ...”
“How old are you?” – “I am five/six years old.”
Manfaat:
Pengembangan identitas diri: Anak belajar mengenali dan menyebutkan siapa dirinya dalam Bahasa Inggris, memperkuat konsep diri (self-identity).
Peningkatan kepercayaan diri: Anak merasa bangga bisa memperkenalkan diri dalam bahasa asing.
Latihan komunikasi dasar: Anak mulai terbiasa berbicara dan merespon dalam bahasa Inggris dengan kalimat sederhana.
Fondasi keterampilan sosial: Anak belajar bagaimana memulai interaksi sosial dengan teman dan guru.
2. Berhitung dalam Bahasa Inggris
Contoh materi:
Counting from 1 to 10 (atau lebih), dengan bantuan lagu, benda konkret, atau permainan.
Manfaat:
Meningkatkan kemampuan kognitif: Berhitung membantu anak dalam membangun konsep bilangan dan urutan logis.
Meningkatkan keterampilan bahasa Inggris tematik: Anak mengenal angka dan penggunaannya dalam konteks sehari-hari.
Mendorong pengulangan alami: Pengulangan angka mempermudah pelafalan dan pengingatan kata dalam bahasa asing.
Menyenangkan dan interaktif: Kegiatan berhitung dengan nyanyian atau gerakan membuat anak aktif dan tidak bosan.
3. Pengenalan Nama-nama Bagian Tubuh
Contoh materi:
“Head, shoulders, knees, and toes…” atau menunjuk bagian tubuh sambil menyebut: “This is my nose,” “These are my eyes.”
Manfaat:
Pemahaman konsep tubuh dan kesadaran diri (body awareness): Anak belajar mengenali tubuhnya dan fungsinya, penting untuk perkembangan motorik dan kepercayaan diri.
Meningkatkan kosa kata tematik: Anak belajar kata-kata baru secara visual dan kinestetik (dengan menunjuk dan bergerak).
Koordinasi motorik: Kegiatan menunjuk atau menyentuh bagian tubuh sambil menyebutkan nama-namanya meningkatkan koordinasi mata dan tangan.
Pembelajaran multisensori: Kombinasi gerak, suara, dan visual memperkuat proses belajar.
Dari pembelajaran tersebut,diharapkan anak lebih komunikatif, dan menyenangkan, serta bermakna bagi anak-anak TK. Pembelajaran Bahasa Inggris yang dikaitkan dengan pengalaman diri anak akan lebih mudah dipahami dan diingat, serta membentuk landasan positif untuk kecintaan belajar bahasa asing sejak dini.
Yuk.. ayah dan bunda, ajak ananda tercinta bersekolah di KB TK Nurani Hati sekolah KARAKTER berbasis EDUKATIF LINGKUNGAN di Jl Duren I No 5 Pancoran Mas, kota Depok
Anak2 diajarkan cara menyelesaikan masalah dan cara berinteraksi dengan sesama dan juga dengan alat2 dan bahan dari lingkungan sekitar. melatih KeMANDIRIan, meningkatkan keCERDASan dan menjadi pembiasaan yang merupakan dasar anak BerKARAKTER dengan DISIPLIN. Menyiapkan kepemimpinan anak agar tumbuh melalui SOLIDARITAS SOSIAL sesama siswa di kelas.
Silahkan datang secara langsung dan bertemu dengan guru Profesional di sekolah atau dengan perjanjian dengan menghubungi WA di 081212767477
🚀
Komentar
Posting Komentar